Pengen Kerja di Bidang Diluar Pendidikan Kamu? Boleh Aja…

Banyak anak muda yang akhirnya bekerja di bidang yang nggak sesuai dengan jurusan kuliah yang mereka ambil. Tapi ternyata, mereka tetap sukses menjalani karir mereka. Kenapa? Karena mereka berprinsip pada lifelong learning alias belajar sepanjang hayat. Mereka nggak berhenti belajar setelah lulus kuliah. Makanya, buat kamu yang pengen (atau nggak sengaja nyemplung) kerja di bidang yang nggak sesuai dengan latar pendidikan kamu, yuk lakukan hal-hal berikut ini!

1. Asah terus soft skills kamu

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan the Association of American Colleges and Universities, 93% pelaku dunia kerja jauh lebih menghargai soft skills kayak berkomunikasi dengan baik, berpikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah dibanding dengan kemampuan di jurusan kuliah atau latar belakang pendidikan.

Menurut Novan Adrian, CEO Qasir.Id, perusahaan lebih mudah mengajarkan tugas-tugas yang harus dilakukan kepada karyawan, dibandingkan dengan mengajarkan soft skills yang baik dan keinginan untuk berinovasi. Makanya, meskipun kamu bekerja di bidang yang berbeda dengan latar pendidikan kamu, jika kamu memiliki soft skills yang baik, kamu bisa tetap sukses.

2. Perluas network di dunia kerja

Nggak bisa dipungkiri, sering banget ketika kita bekerja di bidang yang berdeda dengan latar belakang pendidikan, kita akan memulai suatu pekerjaan dari posisi paling dasar atau jabatan paling bawah. Hal ini wajar, kok. Soalnya, kita memang nggak punya pengalaman apapun di bidang tersebut. Makanya, untuk bisa cepat memahami bidang pekerjaan kamu, kamu harus terus memperluas network di dunia kerja. Tujuan memiliki network yang luas adalah supaya kamu bisa belajar dengan cepat. Sehingga, kamu bisa menunjukkan prestasi di bidang tersebut meskipun latar pendidikan kamu jauh berbeda.

Misalnya, kamu adalah lulusan Desain Grafis. Tapi, kamu diterima bekerja di bidang Jurnalistik. Coba deh nekat kenalan sama para senior bidang jurnalistik. Tanya kunci sukses mereka. Ikuti dan lakukan modifikasi agar lebih baik lagi.

3. Sekolah lagi

Yup! Cara ketiga ini banyak dilakukan sama mereka yang penasaran banget sama bidang pekerjaan yang ditekuni. Caranya bisa mengambil kursus singkat, kuliah lagi atau mengambil gelar S2 yang berbeda dengan jurusan S1.

Kalau kamu memutuskan untuk sekolah lagi, jangan lupa pertimbangkan apakah kamu akan kuliah lagi sambil bekerja atau fokus belajar bidang baru dulu. Buat daftar plus minus dari keputusan kamu ini. Jangan sampai keputusan sekolah lagi dibuat gara-gara kamu nggak PD bersaing di dunia kerja.

4. Pastikan bidang pekerjaan kamu adalah sesuatu yang kamu sukai

Kalau ternyata jurusan kuliah kamu adalah passion kamu selama ini, maka jangan paksakan untuk bekerja di bidang yang berbeda ya, gaes. Misalnya, kamu kuliah di jurusan Seni Tari. Lalu karena tuntutan keluarga dan sulitnya mencari pekerjaan di bidang Seni Tari, kamu lantas mengubah haluan dan bekerja sesuai kesempatan yang ada.

Usahakan kamu mencari pekerjaan sesuai dengan passion kamu terlebih dahulu. Kalau ternyata bidang pekerjaan yang berbeda dengan jurusan kuliah memang sesuatu yang baru dan menarik bagi kamu, langsung aja belajar dan bekerja keras tanpa tanggung-tanggung. Intinya, do what makes you happy! And do it wholeheartedly! 

March 10, 2018
Managed by MEC Edcuation
X