Ekonomi Islam

Ekonomi Islam

0 STUDENTS ENROLLED

    Aktivitas manusia sehari-hari tidak pernah terlepas dari yang namanya ekonomi. Baik itu jual beli ataupun kegiatan lain selalu berkaitan dengan ekonomi. Saat ini kegiatan ekonomi secara Islami atau Syariah sedang menjadi tren mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia adalah muslim. Maka dari itu, salah satu program studi yakni Ekonomi Islam memiliki prospek kerja yang sangat luas.

    Jurusan Ekonomi Islam dengan Prospek Kerja yang Luas

    Pengertian jurusan Ekonomi Islam

    Sebenarnya program studi Ekonomi Islam atau biasa disebut dengan Ekonomi Syariah ini sama dengan program studi Ekonomi pada umumnya. Di sini Anda akan mempelajari tentang teori ekonomi mikro dan makro, teknik mengelola sumber daya yang jumlahnya terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, serta untuk mencapai kesejahteraan.

    Namun, perbedaannya di Program Studi Ekonomi Syariah Anda akan mempelajarinya berdasarkan perspektif Islam. Dalam ajaran agama Islam segala kegiatan ekonomi seperti jual-beli, hutang-piutang, sewa-menyewa, bagi hasil, dan simpan-pinjam sudah diatur dengan baik. Sehingga Anda akan mempelajari tentang keuangan, kebijakan ekonomi, bisnis dalam Islam, serta pengelolaan lembaga keuangan secara syariah.

    Alasan Memilih Jurusan

    Saat ini lembaga ekonomi berbasis syariah di Indonesia sedang mengalami kenaikan tren. Akibatnya lembaga keuangan yang berbasis syariah banyak sekali bermunculan. Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang mayoritas Islam, sehingga mulai tumbuh kesadaran untuk beralih ke Bank Syariah.

    Maksudnya tidak lain adalah untuk menghindari riba serta kegiatan ekonomi yang tidak sesuai dengan syariat agama Islam. Kebutuhan akan tenaga kerja yang mengetahui tentang Ekonomi Islam saat ini banyak dicari oleh berbagai lembaga keuangan.

    Prospek Kerja Jurusan

    Jurusan Ekonomi Syariah atau Ekonomi Islam memiliki prospek kerja yang luas. Para lulusannya bisa bekerja di berbagai lembaga keuangan, baik bank ataupun bukan bank. Lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di lembaga keuangan yang berbasis syariah maupun yang bukan syariah. Selain itu, potensi untuk menjadi ahli ekonomi yang berbasis syariah juga masih sangat luas.

    Adapun kampus yang memiliki jurusan Ekonomi Islam di Indonesia cukup banyak seperti Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, IPB, UNDIP, UNPAD, dan lain-lain.

     

    Managed by MEC Edcuation
    X