Agronomi dan Hortikultura

Agronomi dan Hortikultura

0 STUDENTS ENROLLED

    Sebelum mengenal lebih jauh mengenai jurusan agronomi dan hortikultura, sudahkah Kamu mengetahui apa itu agronomi dan hortikultura? Agronomi sendiri merupakan ilmu mengenai pengelolaan tanaman pertanian untuk meningkatkan jumlah dan kualitas panen. Pengelolaan tanaman tersebut bisa dilakukan di kebun, sawah, atau lapangan. Sementara hortikultura merupakan ilmu yang mempelajari pembudidayaan tanaman. Fokus dari hortikultura adalah pada perawatan yang intensif dilakukan.

    Mengenal Jurusan Agronomi dan Hortikultura

    Hal yang Dipelajari

    Dalam jurusan agronomi dan hortikultura (agrohort), mahasiswa akan banyak belajar mengenai proses dan teknik pengelolaan tanaman pertanian. Mereka mempelajari pengelolaan tanah, penanaman benih, pemupukan, penanganan hama dan penyakit tanaman, hingga tanaman tersebut siap untuk dipanen. Dapat dikatakan bahwa mahasiswa tidak hanya mempelajari pertanian tetapi juga belajar tentang pelestarian lingkungan.

    Alasan Untuk Memilih Jurusan Ini

    Bagi kamu yang menyukai kegiatan bercocok tanam dan suka dengan tanaman maka akan sangat cocok untuk memilih jurusan ini. Terlebih lagi jika kamu menyukai kegiatan lapangan, penelitian, dan masalah lingkungan. Jurusan ini juga akan sangat sesuai bagi kamu yang teliti, tekun, berwawasan luas, senang bekerja sendiri, dan senang memecahkan masalah.

    Mata Kuliah di Jurusan Ini

    Di jurusan atau program studi agronomi dan hortikultura, kamu akan mendapat banyak mata kuliah. Mata kuliah yang akan kamu dapat berjumlah sekitar 20. Mata kuliahnya yaitu ada Fisiologi Tumbuhan, Ekologi Tanaman, Nutrisi Tanaman, Agronomi Tanaman Makanan, Tanaman Perkebunan, Pembiakan Tanaman, dan Tanaman Hortikultura. Selain itu juga ada mata kuliah Ilmu Tanaman Pangan, Ilmu Tanaman Perkebunan, Pengendalian Gulma, Praktik Usaha Pertanian, Manajemen Air dan Hara Tanaman. Kemudian mata kuliah pasca panen seperti Pasca Panen Tanaman Pertanian hingga Penyimpanan dan Pengujian Mutu Benih.

    Prospek Kerja

    Ketika kamu mau memilih kuliah di jurusan ini, mungkin akan mempertanyakan bagaimana prospek ke depannya. Meskipun kalah popular dari jurusan bisnis, kedokteran, komunikasi, atau teknik, jurusan ini memiliki prospek yang cukup bagus. Kesempatan masih terbuka lebar karena Indonesia sebagai negara agraris masih membutuhkan banyak ahli di bidang agronomi dan hortikultura.

    Managed by MEC Edcuation
    X